Senin, 12 Maret 2018

MENJADI SUPORTER TERBAIK





Image result for GAMBAR KOREO PSS SLEMAN

"Suporter terbaik di dunia" mungkin inilah sebutan yang pantas diberikan kepada para suporter sepak bola tanah air kita , Indonesia. Antusiasme yang luar biasa selalu diperlihatkan oleh mereka para penggemar sepak bola setia tidak hanya dari kaum pria , kaum hawa pun ikut memeriahkan serta memberikan dukungan sepenuhnya kepada tim sepak bola yang disukainya. Para orang tua pun tidak ragu untuk membawa anak anaknya masuk ke dalam tribun , menonton bersama keluarganya serta sanak saudaranya, selain menjadi hiburan hal tersebut juga bertujuan untuk menanamkan rasa cinta tanah air pada bangsa indonesia  kepada anak anak semenjak usia dini.

Kalah menang sudah biasa yang terpenting kita sudah berusaha untuk selalu memberikan usaha yang terbaik kepada bangsa ini , hal positif yang bisa diambil dari banyak suporter sepak bola indonesia adalah mereka selalu ada , selalu mendukung dan selalu berdoa.bukan hanya pada saat kemenangan tiba , kekalahan mereka anggap sebagai pelajaran untuk kedepannya para suporter selalu merangkul dan tak hentinya memberikan support kepada para pemain untuk membangkitkan semangatnya kembali.

Rasa cinta tanah air memang banyak bentuknya dan mendukung tim nasional indonesia saat bertanding menurut saya adalah salah satu hal kecil untuk membuktikan rasa cinta tanah air kita kepada indonesia , tentunya hal tersebut sangat berpengaruh terhadap para pemain , pasalnya dengan dukungan para suporter , pemain menjadi merasakan getaran yang dipenuhi rasa hormat serta harapan yang selalu diberikan oleh para suporter sepak bola di indonesia , perannya membuat persepakbolaan indonesia menjadi sehat dalam berbagai aspek seperti contoh dari pemasukan dana ticket , kaos tim , serta marchandise yang berkaitan dengan dunia persepakbolaan indonesia.

Selain hal yang menyenangkan menjadi suporter sepak bola memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jasmani maupun rohani.

1. Membuat Perasaan Bahagia
Bagi orang orang yang datang ke stadion hanya berniat untuk menonton saja mungkin adalah merasakan hal yang biasa , namun beda dengan menjadi suporter. Dengan menjadi suporter otomatis seluruh jiwa raga kita bergerak sesuai komando dari pemimpin suporter serta senantiasa bernyanyi lantang mendukung tim yang di idolakannya. Tentu suasana yang dirasakan sangatlah berbeda antara menjadi penonton biasa dan menjadi suporter , dengan demikian menjadi suporter sepak bola adalah hal yang menyenangkan.

2. Melatih Kekompakan
Image result for gambar koreo pss sleman
Tentunya dengan menjadi suporter sepak bola kita harus pandai bekerja sama dalam menyusun barisan , maka tak heran setiap suporter pasti mempunyai pemimpin suporter yang bertugas untuk menertibkan suporter agar tidak melakukan hal yang tidal diinginkan serta membuat komando gerakan serta nyanyian yang akan di persembahkan kepada tim sepak bola idolanya.

3. Meningkatkan Kreatifitas
Image result for gambar koreo pss sleman
Di masa yang sekarang ini suporter sudah menjadi bagian yang penting dari setiap tim sepak bola. Bagaimana tidak jika tidak ada suporter mungkin stadion akan terasa sepi dan pertandingan akan berjalan dengan datar tanpa euforia dari para suporter. Tentu yang dinantikan dari pihak manajemen tim adalah kreatifitas yang biasa di mainkan oleh para suporter sepak bola di indonesia berikut adalah salah satu contoh formasi barisan suporter yang memiliki nilai kreatifitas yang tinggi yang tentunya tak semua orang bisa melakukannya karena dibutuhkan kekompakan yang baik dan konsep yang matang dalam membangun formasi tersebut
Jadi , menjadi seorang suporter sepak bola tanah air adalah termasuk hal yang positif selain sebagai bentuk untuk merealisasikan rasa cinta tanah air kepada bangsa juga bisa bermanfaat bagi individu baik kebutuhan jasmani maupun rohani. Semoga segala aspek yang berkaitan dengan dunia persepakbolaan indonesia bisa menjadi lebih baik baik itu dari kualitas dan kekompakan pemain serta lembaga yang menaunginya bisa lebih berkembang seiring berjalannya waktu.

4. Melampaui batasan.
Menjadi penggemar klub olahraga juga dapat menjadi akar yang menghubungkan kita dengan orang lain melampaui berbagai batasan yang biasa membedakan orang secara umum. Hal ini terjadi secara lintas generasi.
“Banyak orang tua tidak tertarik kepada permainan komputer, dan banyak cucu mereka yang tidak mau mendengar kisah kakeknya bekerja di tambang batu bara. Namun, sebuah pertandingan olah raga memberikan pengalaman, bahasa, dan emosi yang sama pada lintas generasi. Ini tidak banyak terjadi di bidang lain dalam hidup,” kata Alan Pringle, pakar kesehatan jiwa.

5. Merasakan kesuksesan.
Image result for gambar koreo pss sleman
Menjadi penggemar olah raga akan mendapatkan pengalaman yang langka, yakni kesuksesan. Profesor psikologi dari Universitas Akron, Ronald F. Levant menjelaskan bahwa merasa menang adalah emosi yang berharga di masa sulit.

6. Menjadi suporter tingkatkan rasa memiliki dalam komunitas
Relasi dan afiliasi dengan orang lain penting bagi kebahagiaan seseorang, hal ini sudah dibuktikan oleh banyak penelitian psikologi. Dalam hal ini, menjadi suporter dapat mendorong seseorang untuk memiliki rasa tersebut.
Contohnya, dengan mengenakan pakaian yang sama, syal syal yang sama, menyanyikan lagu yang sama, seseorang akan saling terhubung satu sama lain. Mereka akan berkomunikasi tentang tim kebanggaan meskipun tidak saling kenal.

7. Menjadi suporter usir kesepian
Menonton pertandingan tim kebanggaan di rumah, sendirian, tentu akan berbeda dibanding menonton di stadion bersama yang lain. Menurut Wann, menonton bersama dapat mengusir seseorang dari rasa kesepian dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan mental.
Bahkan, hal ini berefek jangka panjang. Meskipun telah selesai pertandingan, seseorang tetap tidak merasakan kesepian karena tahu dirinya memiliki kesukaan yang sama dengan ribuan orang lain.

8. Menjadi fans memperperat hubungan
Kesukaan anggota keluarga terkadang berbeda. Ada yang suka di rumah, tetapi ada yang suka bermain ke luar. Jika hal ini dibiarkan terus, maka ada kemungkinan relasi diantara anggota keluarga akan semakin renggang.
Di Inggris, sepak bola dapat menjadi semacam "bahasa yang seragam" yang dapat merekatkan semua anggota keluarga yang bahkan berasal dari generasi yang berbeda, seperti antara kakek dan cucunya.

9. Komunitas suporter adalah tempat yang nyaman
Image result for gambar koreo pss sleman
Dalam budaya dimana seseorang seringkali dituntut untuk menahan berbagai ekspresi, komunitas suporter justru menawarkan ruang yang aman untuk mengekspresikan segalanya.
Dalam salah satu riset di Inggris, menjadi suporter sepak bola ternyata dapat mengurangi stres karena saat menonton pertandingan seseorang akan nyaman untuk mengekspresikan identitas dan emosinya.

10. Merasa menang yang baik untuk kesehatan dan kebahagiaan
Akhirnya, saat tim kebanggaan memenangkan pertandingan atau bahkan kejuaraan, suporter tentu akan sangat senang bukan kepalang. Rasa senang karena menang tersebut adalah emosi yang berharga.
Rasa senang ini bahkan dapat menjalar ke kehidupan sehari-hari seorang suporter. "Mengidentifikasi dengan tim olahraga adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk sukses dalam kehidupan nyata,"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan Ekonom Muda {Kesan Pesan PKKMB FE UNY 2021}

  KESAN PESAN PKKMB FE UNY 2021           Kesan saya dari PKKMB FE UY 2021 yang dilaksanakan secara daring adalah saya mendapatkan banyak se...